Jumat, 09 Desember 2011

Cemburu itu memang API..!

Assallamualaikum sobat Kalbu..
Bicara soal cemburu, apa sih itu cemburu?
Marah? bisa...
Iri? bisa..
Gak terima? bisa..
Merasa ga adil? bisa..
Tapi menurutku, cemburu itu api.. karena ia selalu dan pastilah membakar hati dan jiwa kita. Ia bergelora sampai kita benar-benar menemukan titik nyaman.
Apa yang kita lakukan saaat cemburu kadang tak bisa kita kendalikan. Bahkan bisa berlebihan. Tak salah kalau ada yang bilang "cemburu menguras hati". Benar, coba bayangkan saat kita cemburu memang kita terus-menerus membahas rasa itu ke siapa pun. Atau bila Sobat adalah orang yang tertutup, mungkin hati Sobat semua sibuk dengan kecemburuan itu sendiri.
lupa makan? oh, tidak.. tidak lupa. Bagaimana kita bisa lupa makan, pastilah ingat. (hehe)
Namun cemburu telah menyita hampir semua waktu Sobat.
Cemburu bukan identik dengan "Pacar" atau "Kekasih".
Sejatinya cemburu adalah rasa iri yang menyangkut ketidakmampuan kita akan sesuatu. Kalau Sobat merasa cemburu karena #misal, seorang teman kerja lebih banyak mendapatkan senyuman dari teman kerja yang lain karena keramahannya. Itu menandakan ketidakmampuan Sobat untuk menjadi ramah. Sobat mungkin ramah, tapi banyak cemberutnya. Ya sama ajee dong... (hehe)
Bagaimana sebaiknya Sobat memandang rasa cemburu itu?
Pandanglah ia benar-benar sebagai api, ya API.  Membakar semangat Sobat, bukan hati Sobat. Tunjukkan cemburu dengan tindakan, bukan ucapan. Seandainya cemburu itu diucapkan, maka bukan tidak mungkin yang timbul adalah rasa malas untuk berubah, rasa tidak percaya diri bahkan hus'nudzan. Na'udzubillahi mindzalik.
Cemburu itu mempunyai sifat mengecilkan hati, maka sejak sekarang latihlah untuk mampu membesarkan hati Sobat sendiri. Berceritalah pada lembaran buku dan hati baik yang mampu menaklukkan hati Sobat. Maka Insya Allah, cemburu benar-benar menjadi sikap yang positif di mata Sobat dan juga sebagai API pembakar semangat, bukan pembakar hati kita.

oke Sobat. Sekian curhatku hari ini.
Semoga membantu.
Wassallamualaikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar